Sabtu, 20 Oktober 2012

Khasiat buah Keres

EllaLaurenthy - Keres atau talok atau keres ada juga yang menyebut dengan ceri (Muntingia calabura) dan ada juga yang menyebut buah ini dengan sebutan buah kersen. memang banyak sekali sebutan buah keres, tiap 
daerah berbeda dalam penyebutannya. Namun itu bukanlah permasalahan yang harus kita perdebatkan karena Indonesia terdiri dari seribu pulau dan berbagai suku, hal itulah yang membuat penyebutan dan bahasa kita beda. 

Buah keres ini biasa digunakan sebagai tanaman peneduh. Tumbuhan ini memiliki buah kecil-kecil dan memiliki rasa manis yang tumbuh di batangnya. Keres atau kersen banyak tumbuh liar di mana-mana. bahkan sering kita jumpai buah keres tumbuh di tep-tepi jalan baik jalan kecil maupun jalan raya. Namun yang kita tidak sukai adalah sampai daun buah keres yang sering berguguran berhamburan di jalan-jalan hingga membuat jalan terlihat kotor. 
Namun dibalik semua itu, tahukah anda bahwa ternyata buah keres ini mengandung senyawa penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan obat.Jus buah keres sangat bermanfaat bagi manusia karena di dalamya mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh, terutama para Atlet dan pekerja keras karena keres bisa mencegah cedera otot saat berktivitas.

Zat-zat yang terkandung dalam keres:

-Air (77,8 gram), Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram,

Manfaat daun dan buah keres:

1. Antiseptik – Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik.
Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil.
Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Antiinflamasi – Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor – Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti Uric Acid (Asam Urat) – Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

5. Antidiabetes – 50 – 100 g daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air. 

Nah, untuk membuktikan khasiat buah ini anda patut mencobanya karena berdasarkan pengalaman suami saya pernah membuktikannya. Duh, jadi cerita nih, saat itu pergelangan suami saya linu, dan kami browsing di internet dan menemukan artikel tentang manfaat buah keres. setelah memakannya, Alhamdulillah linu pada pergelangan tangannya berangsur hilang. Subhanallah. Silahkan anda buktikan sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar